Aplikasi
E-Learning Berbasis Web
Tujuan : Membuat Web Based Learning pada Sekolah
Menengah Atas sebagai media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien tanpa harus bertatap muka di
dalam kelas.
Spesifikasi
Sistem
Sistem Web Based
Learning (WBL) ini dirancang untuk memudahkan proses pembelajaran jarak jauh
melalui media internet, yang meliputi penyampaian materi oleh pengajar, tanya
jawab melalui forum diskusi, dan evaluasi pembelajaran melalui tugas dan kuis
online.
|
Gambar 1. Stuktur E-Learning
Kebutuhan
Hardware
Perangkat keras yang digunakan untuk membuat website
ini menggunakan
PC
dengan spesifikasi :
- Processor Intel
Core2 Duo T5550
- Hardisk
160 GB
- Memory
2 GB
- Keyboard
dan mouse
Kebutuhan
Software
Perangkat lunak atau software yang digunakan dalam
pembuatan website ini adalah :
Sistem
operasi :
- Windows XP
- Editor
Web : Macromedia Dreamweaver 8
- Web
Server : Appserv web server, dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan database
MySQL.
- Software
Pendukung : Adobe Photoshop CS, Microsoft Visio 2003, MS Acces 2007 dan Corel
Draw X3,
Perancangan
Sistem
Perancangan sistem bertujuan untuk menentukan
rancangan aplikasi sistem Web Based Learning.
Perancangan sistem ini dimulai dengan perancangan Context Diagram, DFD dan ERD.
Ada
tiga user yang terlibat (digambarkan dengan simbol persegi), yaitu:
administrator,
siswa dan guru. Ketiga user saling berinteraksi (dalam sistem)
dengan
melibatkan berbagai data, selain itu di dalam context diagram ini akan
diketahui
data-data yang mengalir keluar ataupun masuk kedalam sistem web
based learning ini.
1. Siswa
User
siswa terlibat dalam pembelajaran secara langsung dan mampunyai fasilitas akses
yang hanya dapat melihat, mengambil dan mengirimkan data pembelajaran.
2. Admin
User
admin adalah user utama yang mengendalikan jalannya sistem web ini. Fasilitas
yang dimiliki oleh user jenis ini berbeda dengan user yang lain karena admin
bertugas dalam pengolahan data secara global. Ketiga user tersebut tidak dapat
masuk ke dalam sistem web dengan sembarangan, karena mereka harus memasukkan
user id dan password yang cocok dengan data yang ada dalam database. Setelah
user id dan password dicek sistem dan terbukti cocok, maka user akan mamasuki
halaman utama yang berbeda antara satu user dengan user lainnya.
3. Guru
User
guru terlibat dalam pembelajaran secara langsung dan mampunyai fasilitas dapat
melihat daftar mata pelajaran dan mengupload materi yang nantinya akan
digunakan siswa sebagai materi pembelajaran. Guru juga dapat menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan oleh para siswa.
|
|
Gambar 2. Contex Diagram |
Data
Flow Diagram Level 0
|
Gambar 3. DFD Level 0
|
Proses
Pengelolaan
-
Pada pengelolaan guru , guru menginput
data guru yang dikelola oleh admin begitu juga data siswa dan matapelajaran.
|
Gambar 4. DFD Level 1 Proses Pengelolaan
Proses
Pembelajaran
Pada proses
pembelajaran guru memberikan materi dan soal yang dapat diakses oleh siswa pada
web yang bersangkutan. Lalu siswa menginput jawaban yang akan tersimpan pada
sistem. Pada proses ini juga terdapat forum untuk berdiskusi yang dikelola oleh
admin.
Proses
Penilaian
Pada proses penilaian
guru dapat memasukkan, mengedit, dan menghaus nilai yang akan diberikan kepada
siswa.
Entity
Relationship Diagram
|
sumber :
0 komentar:
Posting Komentar